STRATEGI MANAJEMEN RITEL (RETAIL)?
Strategi retail (ritel) menekankan untuk memanfaatkan sumber
daya yang ada untuk mencapai tujuan. Strategi ritel (retail) meliputi penentuan
target pasar, sifat barang dan jasa yang ditawarkan,dan bagaimana ritel
memperoleh keuntungan jangkan panjang dari para pesaingnya. Bagian kebutuhan
strategi dalam strategi retail (ritel) antara lain strategi pasar, strategi
keuangan, strategi lokasi, struktur organisasi dan sumber daya manusia.
Aspek pemasaran dalam ritel meliputi:
1. Definisi strategi pemasaran retail (ritel)
2. Pemahaman terhadap target pasar bila dikaitkan dengan
pilihan terhadap format retail (ritel)
3. Bagaimana retail (ritel) dapat membangun strategi
keunggulan bersaing yang berkelanjutan
4. Tahapan dalam mengembangkan strategi pemasaran retail
(ritel)
Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia dalam retail (ritel)
meliputi:
1. Alasan mengapa manajemen SDM mempunyai peranan penting
membentuk sebuah bisnis atau organisasi retail (ritel)
2. Bagaimana retail (ritel) membuat keuntungan yang
kompetitif dan mendukung, dengan cara mengembangkan dan mengelola SDM
3. Bagaimana ritel mengkoordinasi aktivitas para karyawan
dan memotivasi mereka mencapai tujuan
4. Program-program manajemen SDM untuk membangun komitmen
kerja
5. Bagaimana dan mengapa ritel mangatur perbedaan antarkaryawan
Aspek Keuangan dalam retail (ritel) meliputi:
1. Bagaimana strategi retail (ritel) direfleksikan dalam
tujuan keuangan
2. Bagaimana ritel menggunakan alat-alat dan metode untuk
mengevaluasi kinerjanya
3. Bagaimana model strategis keuntungan dapat digunakan
Aspek pemilihan lokasi dalam area perdagangan retail (ritel)
meliputi:
1. Tipe Lokasi yang memungkinkan oleh retail
2. Mengevaluasi keunggulan relatif dari setiap area
perdagangan yang dipilih.
3. Tipe lokasi perdagangan yang memungkinkan untuk tumbuh
4. Jenis lokasi yang ada
5. Alasan mengapa suatu ritel tetap berlokasi disuatu tempat
tertentu meskipun ada retail (ritel) lain berlokasi ditempat berbeda
6. Keuntungan relatif yang didapat dari sebuah tipe lokasi
7. Tipe lokasi yang cocok bagi retail (ritel)
8. Tipe lokasi yang kurang diminati
9. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan oleh peritel
dalam memilih lokasi
Aspek Sistem Informasi dan Manajemen meliputi:
1. Keunggulan strategis yang diperoleh melalui manajemen
rantai pemasok
2. Bagaimana barang daganan dan informasi mengalir dari
vendor ke retail (ritel) ke pelanggan dan kembali
3. Perkembangan informasi dan teknologi yang bisa memudahkan
komunikasi antara vendor dengan ritel(retail)
4. Sistem pengiriman respons cepat
Manajemen Hubungan Pelanggan ( Customer Relationship
Management) meliputi:
1. Pengertian manajemen hubungan pelanggan
2. Peran Customer Relationship Management sebagai strategi
membangun kesetiaan pelanggan
3. Implementasi program Customer Relationship Management dalam
bisnis retail (ritel)
STRATEGI PEMASARAN RITEL (RETAIL)
Strategi pemasaran ritel (retail) meliputi
(1). pemilihan segment target pasar dan penentuan format
ritel (retail) dan
(2). pengembangan keunggulan bersaing yang memungkinkan
ritel (retail) untuk mengurangi tingkat kompetensi yang dihadapi.
Ritel (retail) yang berhasil harus memenuhi kebutuhan
pelanggan pada segmen pasar yang dilayani secara lebih baik daripada yang
dilakukan pesaing. Pasar ritel (retail) bukan merupakan tempat khusus dimana
para pembeli dan penjual bertemu, tetapi sebagai kelompok konsumen dengan
kebutuhan-kebutuhan yang sama (segmen pasar) dan sekelompok ritel (retail) yang
menggunakan format ritel (retail) yang sama untuk memenuhi kebutuhan konsumen
tersebut.
Pasar sasaran dalam ritel (retail) sering kali ditetapkan
berdasarkan faktor demografis, geografis dan psikografis. Menetapkan pasar
sasaran merupakan syarat untuk menetapkan strategi bauran ritel (retail).
Bauran ritel (retail) atau disebut dengan retail mix adalah kombinasi
elemen-elemen produk, harga, lokasi, personalia, promosi dan presentasi atau
tampilan-untuk menjual barang dan jasa pada konsumen akhir yang menjadi target
pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar